Laporan Hasil Wawancara
“Peranan Pers untuk Masyarakat”
Disusun oleh Kelompok
4
Ketua : Kharisma Khoirunisa Darajat (16)
Sekertaris : Orisa Paramesti Devi ( )
Anggota : Arike Putri Agustin (2)
Fany Nurul Fauzi Hidayat ()
Kelas
XII IPA 4
SMA
Negeri 1 Banjar
Jalan
KH Mustofa No.1 Kota Banjar 46311 Telepon (0265)741192
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan
Pers di Indonesia mengalami puncak kejayaannya pada era Reformasi ini. Dimana
dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya pers mengalami banyak tekanan, dan
hambatan. Dalam kehidupan modern kini, kebutuhan orang akan komunikasi
dan informasi semakin meningkat. Informasi dibutuhkan oleh orang untuk
memperluas wawasan dan pengetahuan, sehingga keterbukaan dan kebenaran serta
tanggung jawab pers sebagai media informasi harus dinjunjung tinggi.
Sehubugan .dengan peringatan hari pers nasional pada
tanggal 9 Februari kami menyusun laporan yang berjudul “ Peranan Pers
untuk Masyarakat” ini untuk mengetahui seberapa besar peranan pers untuk
masyarakat di era reformasi kini.
1.2 Rumusan Masalah
·
Sejauh apa tingkat kebutuhan masyarakat
untuk mendapatkan informasi?
·
Seberapa jauh kepedulian masyarakat
mengenai peristiwa atau kejadian yang dikabarkan melalui pers?
·
Bagaimana timbal balik atau respon
masyarakat terhadap informasi yang didapatkan melalui pers?
1.3
Tujuan
Berikut adalah beberapa tujuan kami dalam penyusunan
laporan ini.
· Menjalin kerjama anggota kelompok.
· Berpikir ilmiah dan sistematis.
· Mengetahui sejauh apa tingkat kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan informasi.
· Mengetahui seberapa jauh kepedulian masyarakat mengenai peristiwa atau kejadian yang dikabarkan melalui pers.
· Mengetahui bagaimana timbal balik atau respon masyarakat terhadap informasi yang didapatkan melalui pers.
· Menyimpulkan peranan pers untuk masyarakat berdasarkan hasil wawancara .
BAB 2 KAJIAN
PUSTAKA
A. Pengertian Pers
1. Pengertian
Pers Secara Etimologis
Istilah “Pers” berasal dari bahasa Belanda, yang dalam
bahasa Inggris berarti press. Secara harfiah pers berarti cetak dan secara
maknawiah berarti penyiaran secara tercetak atau publikasi secara dicetak
(printed publication).
2. Pengertian
Pers Menurut UU No.40 Tahun 1999
Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang
melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki,
menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan,
suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk
lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis
saluran yang tersedia.
3. Pengertian
Pers Menurut UU No. 11 Tahun 1966
Tentang ketentuan pokok pers menyatakan bahwa pers adalah lembaga
kemasyarakatan sebagai alat revolusi yang mempunyai karya sebagai salah satu
media komunikasi massa yang bersifat umum berupa penerbitan yang teratur waktu
terbitnya, diperlengkapi atau tidak diperlengkapi dengan alat-alat milik
sendiri berupa percetakan alat-alat foto, klise, mesin-mesin stensil, atau
alat-alat teknik lainnya.
4. Pengertian
Pers Menurut Ensiklopedi Pers Indonesia
Menyebutkan bahwa istilah pers merupakan sebutan bagi penerbit/
perusahaan/ kalangan yang berkaitan dengan media masa atau wartawan.
5. Menurut
Leksikan Komunikasi
Pers berarti :
a. usaha
percetakan dan penerbitan;
b. usaha
pengumpulan dan penyiaran berita;
c. penyiaran
berita melalui surat kabar dan majalah (dalam arti sempit) dan pers dalam arti
luas yang menyangkut media masa (surat kabar, radio, televisi dan film).
d. orang
yang bergerak dalam penyiaran berita
e. media
penyiaran dan berita yakni surat kabar, majalah, radio dan televise
6. Pengertian
Pers Kamus Umum Bahasa Indonesia
Pers
berarti:
a. alat
cetak untuk mencetak buku atau surat kabar
b. alat
untuk menjepit atau memadatkan
c. surat
kabar dan majalah yang berisi berita
d. orang
yang bekerja di bidang persurat kabaran.
7. Pengertian
Pers Menurut Para Ahli
a. R
Eep Saefulloh Fatah
Pers
merupakan pilar keempat bagi demokrasi (the fourth estate of democracy) dan
mempunyai peranan yang penting dalam membangun kepercayaan, kredibilitas,
bahkan legitimasi pemerintah
b. Raden
Mas Djokomono
Pers
adalah yang membentuk pendapat umum melalui tulisan dalam surat kabar.
Pendapatnya ini yang mampu membakar semangat para pejuang dalam memperjuangkan
hak hak Bangsa Indonesia masa penjajahan Belanda
c. Kustadi
Suhandang
Pers adalah seni atau
ketrampilan mencari, mengumpulkan, mengolah, menyusun, dan menyajikan berita
tentang peristiwa yang terjadi sehari-hari secara indah, dalam rangka memenuhi
segala kebutuhan hati nurani khalayaknya
d. Oemar
Seno Adji
Pers dalam arti sempit,
yaitu penyiaran-penyiaran pikiran, gagasan, atau berita-berita dengan kata
tertulis
Pers dalam arti luas,
yaitu memasukkan di dalamnya semua media mass communications yang
memancarkan pikiran dan perasaan seseorang baik dengan kata-kata tertulis
maupun dengan lisan.
B. Fungsi
Pers
1) Fungsi
Informasi : menyajikan informasi karena masyarakat memerlukan
informasi tentang berbagai hal yang terjadi di masyarakat, dan Negara.
2) Fungsi
Pendidikan : sebagai sarana pendidikan massa (mass education), maka pers
situ memuat tulisan-tulisan yang mengandung pengetahuan sehingga masyarakat
bertambah pengetahuan dan wawasannya.
3) Fungsi
Hiburan : hal-hal yang bersifat hiburan sering dimuat pers untuk mengimbangi
berita-berita berat (hard news) dan artikel-artikel yang
berbobot. Hiburan dapat berupa cerpen, cerita bergambar, cerita
bersambung, teka-teki silang, pojok, karikatur.
4) Fungsi
Kontrol Sosial : adalah sikap pers dalam melaksanakan fungsinya yang ditujukan
terhadap perorangan atau kelompok dengan maksud memperbaiki keadaan melalui
tulisan. Tulisan yang dimaksud memuat kritik baik langsung atau
tidak langsung terhadap aparatur Negara, lembaga masyarakat.
BAB 3 HASIL
WAWANCARA
3.1
Narasumber
Narasumber yang kami pilih adalah elemen masyarakat yang
mana kami cari dan temui secara tidak sengaja di lingkungan kota Banjar. Narasumber
pertama kami adalah Bapak Sajidin, beliau
adalah penjaga warung di wilayah Banjar
kolot. Narasumber kedua kami adalah
Ibu Wiwi Widiastuti S.ip M.ip beliau
adalah dosen di salah satu perguruan tinggi.
3.2 Waktu
Wawancara
dilaksanakan pada :
Hari : Kamis
Tanggal : 12 Februari 2015
Pukul : 14.32 - 16.27 WIB
3.2 Tempat
Wawancara pertama dilaksanakan di sebuah
warung yang beralamat di kawasan Perum
Taman Sari, Banjar kolot.Wawancara kedua dilaksanakan di rumah makan Primarasa
yang beralamat di Jalan Husein Kartasasmita Kota Banjar
3.3
Pewawancara
Tim
pewawancara terdiri dari :
·
Kharisma KhoirunisaDarajat sebagai pewawancara
·
OrisaParamastri Devi sebagai pewawancara
dan kameramen
·
Fany Nurul Hidayat sebagai cameramen dan reporter
·
Arike Putri Agustina sebagai reporter
3.4 Pertanyaan jawaban
a. Wawancara
I
·
Begini pak sehubungan dengan peringatan hari
pers nasional tanggal 9 Februari kemarin,
kami ingin mengetahui bagaimana peranan
pers untuk bapak ?
Ø Bapak
memang jarang beli Koran, bukan tidak mau beli koran tapi bapak sibuk bekerja,
akan tetapi bila ada waktu luang bapak sempatkan baca. Untukacara televisi saya
juga suka mengikuti, seperti berita.
·
Oh baik, akan tetapi apakah bapak sering
atau pernah dengan sengaja membeli majalah atau Koran untuk mendapatkan informasi
?
Ø Saya
jarang membeli Koran, karena saya sibuk. Paling kalau ada yang bawa atau beli
Koran saya suka baca, itu pun kalau ada waku luang saja Akan tetapi untuk siaran
televisi saya suka lihat.
·
Acara televisi apa yang bapa suka?
Ø Saya
suka menonton berita mengenai keadaan pusat
dan daerah, akan tetapi kadang-kadang ingat kadang-kadang lupa.
·
Ingat atau lupa bagaimana pak ?
Ø Ya
ingat kalau ada berita tentang itu tapi bapak suka lupa kalau ditanya oleh
orang lain. Saya tidak bisa menjelaskannya lagi pada orang lain.
·
Tapi setidaknya bapak sudah menyimak
berita atau informasi yang sudah
disajikan di Televisi
Ø Ya
saya menyimaknya
Ø Lalu
apakah untuk mengikuti sebuah berita
sudah menjadi suatu kebutuhan untuk bapak?
Ø Kalau
ada waktu siang jam 11 saya suka lihat berita
tetapi tidak setiap waktu. Seringnya saya lihat pagi-pagi kalau ada acara keagamaan.
b. Wawancara II
·
Apakah ibu mengetahui hari pers nasional
jatuh pada tanggal berapa?
Ø Kalau
tidak salah pada tanggal 9 Februari
·
Apakah ibu senang mengikuti berita yang
ada di televisi?
Ø Senang
tidak senang ya harus senang untuk diperhatikan apalagi sekarang yang namanya pers
sedang diatas angin dengan berbagai macam kebabasan-kebebasannya. Tapi memang banyak
sekali harusnya tidak perlu disensor tapi malah disensor baik itu dalam
pemberitan ekonomi, politik, ataupun infotaiment
·
Pemberitaan apa yang sering ibu ikuti?
Ø Saya
lebih sering ke politik dan pendidikan Karena memang saya sekarang di dunia pendidikan.
·
Menurut ibu apakah pemberitaan dalam media sudah sepenuhnya memenuhi harapan?
Ø Belum
sesuai harapan karena masing-masing media sekarang itu dikendalikan biasanya oleh
yang memiliki media itu sendiri hampir tidak ada pers atau media yang netral dan
biasanya lebih kepada kepentingan segelintir orang tertentu. Kalaupun informasi
misalnya informasi mengenai kriminal biasanya disajikannya proses kriminalnya seperti
apa, tidak disertai dengan sangsi-sangsinya bagaimana, itu lebih kepada seperti
mengajarkan bagaimana cara berbuat kriminal
.
Kemudian
berita tentang tontonan untukditonton oleh anak tidak sesuai dengan harapan. Mungkin
itu kartun akan tetapi tidak pantas untuk ditonton anak karena menyiarkan kekerasan akan tetapi tetapditayangkan,
contohnya krisna, tom and jerry walau pun kartun tetapi menurut saya tidak pantas
untuk anak.
·
Apakah ibu percaya dengan pemberitaan di
Televisi?
Ø Percaya
tidak percaya kita harus bisa menyaringnya kira-kiradiposisi mana kitaberdiri pada
saat memihak pada berita jadi jangan ditelan bulat-bulat. Karena terkadang memang
banyak kepentingan didalam berita ataupun informasi yang disampaikan dalam media, jadi kita harus pintar rmenganalisisnya.
·
Lalu bagaimana ibu menyikapi pemberitaan
seperti itu?
Ø Saya
akan cari informasi itu benar atau tidak kemudian kalau mampu untuk mengomentari
sayaakan mengomentari dengan jalurnya kalau saya mungkin jalurnya lebih pada tulisan,
penelitian ataupun sebatas dengan bidang saya pendidikan saya akan mengajarkan murid saya untuk tidak seperti ini dan seperti
itu. Jadi akan saya cari kebenaran informasi itu sesuai dengan bidang yang saya
geluti.
Berdasarkan hasil
wawancara yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan bahwa :
·
Tingkat kebutuhan masyarakat terhadap informasi dipengaruhi oleh
pekerjaan , lingkungan, pendidikan, dan latar belakang, orang tersebut.
·
Demikian pula dengan jenis infomasi yang
dibutuhkan masyarakat dipengaruhi oleh pekerjaan, lingkungan, pendidikan dan
latar belakang orang tersebut.
·
Kepedulian masyarakat terhadap informasi
berbanding lurus dengan tingkat kepentingan orang itu pada informasi yang
disampaikan oleh pers.
·
Respon yang dilakukan masyaraka akan
dipengaruhi oleh wawasan serta kepeduliannya terhadap informasi. Bagi orang
yang memiliki wawasan dan kepedulian yang tinggi tidak akan mudah menerima informasi dari satu sumber
saja, akan tetapi berusaha mencari darinsumber lain atau pun membuktikan sendiri
melalui penelitian, selain daripada itu mereka juga akan meninggalkan pesan
serta kritik melalui lisan ataupun tulisan terhadap infomasi yang disampaikan
melalui pers.
4.2 saran
·
Sebaiknya Bapak Sajidin tidak hanya menyimak
informasi saja tetapi dapat meninggalkan
pesan dan kritik terhadap informasi yang disampaikan oleh pers. Karena
walau bagaimanapun pers tidak akan berkembang tanpa kepedulian serta perhatian
masyarakat.
·
Demikianlah laporan hasil kegiatan wawancara ini
kami buatdengan yang sebenar-benarnya. Kami mengucapkan terima kasih kepada Allah swt. Yang telah memberikan
kemudahan kepada kami sehinggaterlaksananya wawancara ini. Serta kepada teman-teman
yang ikut membantu dalam pembuatan laporan hasil wawancara ini.
·
Kami selaku aggota kelompok memohon maaf sebesar-besarnyaapabila
terdapat kesalahan serta kekurangan dalam laporan hasil wawancara ini. Selain untuk
memenuhi tugas Pendidikan Kewarganegaraan.Semoga laporan hasil wawancara ini dapat
menjadi acuan, pertimbangan ,serta motivasi dan koreksi bagi kegiatan wawancara
selanjutnya.
1 komentar:
terimakakasih informasi yang di berikan, sangat mudah di pahami dan membantu saya dalam mengerjakan tugas.
Post a Comment